Blanja.com: Pengalaman E-commerce Perpaduan Timur dan Barat

Halaman utama blanja.com
Halaman utama blanja.com

Ketika Telkom bertemu ebay

Siapa yang tidak kenal keduanya? Rupanya pertemuan keduanya ini berujung pada lahirnya sebuah situs e-commerce bernama blanja.com. Dari namanya saja sudah mengundang Anda apalagi kalau bukan berbelanja. Menyandang nama kedua raksasa di dunia teknologi dari timur dan barat bisa dipastikan Anda akan dimanjakan dan dijamin aman.

Apa saja sih yang menarik dari Blanja.com?

Begitu dibuka bisa dilihat blanja.com memang punya beberapa penawaran menarik terutama bagi para pelanggan Telkomsel tentunya. Mulai dari penukaran poin sampai penawaran khusus pembayaran dengan t-cash. Bicara pembayaran transfer lewat ATM, e-banking, COD (Cash on Delivery), dan kartu kredit juga didukung.

Buat yang bukan pelanggan Telkomsel masih ada diskon yang cukup besar dan beberapa penawaran produk yang memang hanya tersedia di belanja.com. Produk yang ditawarkan pun sangat beragam kategorinya dan banyak jumlahnya. Apa saja ada. Ada 10 kategori utama yang dimilikinya, yaitu Fashion & Aksesoris; Kesehatan & Kecantikan; Telepon Genggam & Gadget; Perlengkapan dan Mainan Bayi dan Anak; Rumah & Perangkat Elektronik; Komputer; Film, Musik & Buku; Otomotif; Fotografi & Video; dan Perlengkapan Olahraga, Travel & Makanan.

Blanja.com juga memiliki dukungan pelanggan yang cukup kuat. Mau mencari informasi bisa langsung menuju ke bagian bantuan. Mau ngobrol dulu untuk tanya-tanya kalau ragu bisa pilih live chat. Mau dilayani langsung tanpa lewat internet bisa pilih telepon. Mau menunggu jawaban tinggal tanya lewat email.

Menariknya lagi selain berbelanja Anda juga bisa membuka toko sendiri dan mulai berjualan. Menjadikannya sebuah website e-commerce C2C (consumer do konsumer). Sama seperti ebay yang di Amerika sana, hanya saja lelang online tampaknya belum didukung. Blanja.com dalam hal ini bertindak sebagai fasilitator dalam transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Selain itu blanja.com juga menyediakan fasilitas pembayaran dan pengiriman dengan pihak ketiga. Model transaksi jual beli seperti ini disebut escrow. Pembeli tidak usah khawatir dengan penipuan dari penjual karena blanja.com tidak akan melepaskan pembayaran sampai pembeli menerima pesanannya dengan baik.

Apa lagi?

Umur blanja.com memang masih muda karena baru diluncurkan akhir tahun lalu. Meskipun begitu saat ini situs blanja.com sudah memiliki total 1 juta produk yang terdaftar, 600 penjual, serta 50.000 pengunjung per hari. Dari 600 penjual lebih dari 90% nya adalah produk lokal yang disediakan oleh para penjual yang terdiri dari pebisnis individu, UKM, dan brand ritel ternama.

Belum lagi terhubungnya blanja.com ke sistem eBay memungkinkan produk yang terdaftar pada blanja.com seakan diekspor dijual ke luar negeri. Semoga peluang ini bisa ditangkap dengan baik oleh para UKM Indonesia sehingga membuat semakin banyak pula produk Indonesia dikenal dan diakui tidak hanya di negerinya sendiri, tetapi juga oleh masyarakat dunia.

3 thoughts on “Blanja.com: Pengalaman E-commerce Perpaduan Timur dan Barat

  1. Hola! I’ve been reading your web site for a long time now and filnaly got the courage to go ahead and give you a shout out from New Caney Texas! Just wanted to say keep up the good job!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *